Perkenalan dan 'Wai' dalam Bahasa Thailand (แนะนำตัวเองและไหว้)

Assalamu'alaikum semua, di sini saya akan menjelaskan tentang cara berkenalan / memperkenalkan diri dalam bahasa Thailand. Mungkin bagi Anda yang pernah mendengar bahasa Thai di film / drama sering mendengar kata "sawatdii kap / kha", "khob khun", "kho thot", "dii maak", dan lain-lain. Beberapa kata tersebut memiliki makna berturut-turut "halo", "makasih", "maaf", dan "bagus sekali".
Etika Orang Thailand Ketika Menyapa
WAI

Di Thailand, ada tata cara yang khas untuk memberi salam atau hormat kepada orang lain, namanya "Wai (ไหว้)". Pada umumnya, Wai dilakukan dengan mengatup kedua tangan di depan dada. Selain untuk memberi salam, Wai dilakukan untuk mengungkapkan terima kasih, maaf, rasa hormat dan selamat datang. Ada 3 jenis Wai, yaitu :

1. Wai Phra - ไหว้พระ
Wai jenis ini dilakukan untuk memberi hormat kepada pemuka Buddha, yaitu dengan mengatup kedua tangan di atas dahi lalu menunduk.

Wai Phra
2. Wai Phuu Yai - ไหว้ผู้ใหญ่
Wai jenis ini dilakukan untuk memberi salam atau hormat kepada seseorang yang lebih tinggi statusnya dari kita, misalnya guru, dosen, dll. Wai Phuu Yai dilakukan dengan mengatup kedua tangan hampir di depan hidung lalu menunduk.

Wai Phuu Yai
3. Rab Wai - รับไหว้
Wai yang satu ini dilakukan untuk membalas wai orang lain, dengan cara mengatup kedua tangan di depan dada tanpa menundukkan kepala.

Rab Wai
PERKENALAN DIRI

Perkenalan diri dalam bahasa Thailand disebut "Nae Nam Tua Eng / แนะนำตัวเอง". Berikut akan saya uraikan ungkapan atau kalimat-kalimat yang bisa digunakan saat memperkenalkan diri.

1. Mengucapkan Halo

Sawatdii (Khrap / Kha)
สวัสดี (ครับ / ค่ะ)
Halo

Keterangan :
- khrap (ครับ) digunakan oleh laki-laki.
- kha (ค่ะ) digunakan oleh perempuan.
- ungkapan ini digunakan untuk menyapa orang lain di Thailand.

2. Menanyakan Kabar

Khun Sabai Dii Mai (Khrap / Kha)
คุณสบายดีไหม (ครับ / ค่ะ)
Bagaimana kabarmu?

Jika kabarnya sehat :

(Phom / Chan) Sabai Dii (Khrap / Kha)
(ผม / ฉัน) สบายดี (ครับ / ค่ะ)
Saya baik / sehat.

Keterangan : Phom (saya) digunakan laki-laki, Chan (saya) digunakan perempuan.

Jika kabarnya buruk :

(Phom / Chan) Mai Sabai (Khrap / Kha)
(ผม / ฉัน) ไม่สบาย (ครับ / ค่ะ)
Saya kurang baik / kurang sehat.

3. Menyebutkan Nama

(Phom / Chan) Cheu ____ (Khrap / Kha)
(ผม / ฉัน) ชื่อ .... (ครับ / ค่ะ)
Nama saya ............

Keterangan :
- Cheu (ชื่อ) artinya ''nama''

4. Menyebutkan Asal Negara

(Phom / Chan) maa jaak prathet Indonesia
(ผม / ฉัน) มาจากประเทศ อินโดนีเซีย
Saya berasal dari negara Indonesia

Keterangan :
- Prathet (ประเทศ) artinya "negara".

5. Menyebutkan Tempat Tinggal

(Phom / Chan) yuu thii meuang Jakadta
(ผม / ฉัน) อยู่ที่เมือง จาการ์ต้า
Saya tinggal di kota Jakarta

Keterangan :
- yuu (อยู่) = berada (merupakan to be untuk kata tempat)
- thii (ที่) = kata depan "di"
- meuang (เมือง) = kota

6. Menyebutkan Umur

(Phom / Chan) aayu (sip hok) bpii (khrap / kha)
(ผม / ฉัน) อายุ (สิบหก) ปี (ครับ / ค่ะ)
Saya berumur 16 tahun

Keterangan :
- aayu (อายุ) = usia / umur
- bpii (ปี) = tahun

7. Menyebutkan Status Pelajar

(Phom / Chan) bpen nak rian mo phai (khrap / kha)
(ผม / ฉัน) เป็นนักเรียนม.ปลาย (ครับ / ค่ะ)
Saya adalah Pelajar SMA

Keterangan :
- bpen (เป็น) = adalah (merupakan to be untuk kata benda)
- nak rian (นักเรียน) = pelajar
- nak rian mo phai (นักเรียนม.ปลาย) = pelajar SMA
- nak rian mo ton (นักเรียนม.ต้น) = pelajar SMP
- nak rian phratom (นักเรียนประถม) = pelajar SD
- nak suksaa (นักศึกษา) = mahasiswa

8. Senang bertemu denganmu

Yin dii thii dai ruu jak (khrap / kha)
ยินดีที่ได้รู้จัก (ครับ /  ค่ะ)
Senang bertemu denganmu

9. Terima kasih

Khob khun (khrap / kha)
ขอบคุณ (ครับ / ค่ะ)
Terima kasih

INGAT!!
Dalam bahasa Thai, ada partikel penanda kesopanan yaitu "khrap" (ครับ(hanya digunakan cowo) dan "kha" (ค่ะ) (hanya digunakan cewe). "Saya" untuk cowo yaitu "phom" (ผม), sedangkan "Saya" untuk cewe yaitu "chan / dichan" (ฉัน / ดิฉัน).

melengkapi sumber : http://www.fakhri.id/2015/09/cara-memperkenalkan-diri-dalam-bahasa.html

Semoga bermanfaat bagi kalian yang lagi belajar bahasa Thailand

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Perkenalan dan 'Wai' dalam Bahasa Thailand (แนะนำตัวเองและไหว้)"